Maafkan aku yg sedikit melupakanmu.. (ketika akhirnya kau sedikit marah padaku T_T)

Aku disepelekan

Hal lucu mengenal diriku adalah bahwa kau tidak memedulikanku, kecuali saat kau mengalami masalah. Misalnya, kau kembung dan tidak dapat mengancingkan celana jin favoritmu. Atau, kau merasa mual setelah menyantap es krim, pizza, brokoli, atau apa pun. Atau, kau duduk… dan duduk… dan duduk di kakus, tetapi tidak terjadi sesuatu seperti yang kau harapkan atau, sebaliknya, kau tidak dapat menghentikan apa yang sedang terjadi.575246k03w3lz55y

Aku, perut, telah menjadi akar dari banyak kepedihan dan keluhanmu. Kalau saja kau dapat memahamiku dan bahasaku, kau akan menyadari bahwa aku adalah sahabatmu yang paling karib, paling intuitif, paling bijak, dan mengetahui hampir segalanya.

Aku tahu bagaimana kau selama ini menjalani hidup dan apa yang kau butuhkan, angankan, dan rasakan. Aku tahu kau lebih banyak menyantap keripik kentang daripada wortel, dan minum lebih banyak kopi daripada air. Aku tahu apa yang membuatmu stress dan apa yang menenteramkan dan membuatmu santai. Aku tahu siapa saja yang sebaiknya kau dekati dan siapa saja yang harus kau hindari (segera!). Masalahnya, kau tidak mendengarkanku.

Sementara itu kau memutuskan hubungan dengan bagian dirimu yang vital, paling bijak, dan suci: aku perutmu, pencernaaanmu, sumber kebijaksanaan di dalam dirimu. Mungkin ibu, ayah, atau gurumu terlalu sering menasihatimu “Apa yang sebaiknya kau lakukan” atau yang “tidak boleh”. Mungkin kau pernah mempelajari bahwa masyarakat kita yang berkembang pesat menghargai orang yang membicarakan apa yang mereka pikirkan, bukan apa yang mereka rasakan. Mungkin kau terlalu sibuk mencoba memadatkan 12 jam menjadi 8 jam sehingga tidak memerhatikanku dan memberikan apa yang kubutuhkan, alih-alih menjejaliku dengan alkohol dan makanan cepat saji.

Tetapi justru hal itulah yang membuatku memanggilmu. Saat aku merasa kau sia-siakan, aku akan menjadi nyeri. Dalam arti yang sebenarnya. Aku mungkin muncul sebagai kembung, gas, sakit punggung, sembelit, sindrom iritasi usus, diare, wasit, perasaan cemas atau depresi. Dan jika kau tetep tidak memperhatikanku, aku dapat berbicara lebih keras dengan divertikulitis, tukak, atau bahkan kanker. Setiap pikiran  dan emosi berdampak padaku. Aku kesal jika kau cemas atau marah. Aku mengingat luka lama dan pengalaman fisik serta emosi yang menyakitkan. Aku menyerap informasi, bahkan yang tidak diperhatikan oleh intelektualitasmu.Ingredients_Healthy_Food

Kau secara tidak sadar membungkamku saat kau bernapas dangkal, makan sembarangan, atau minum pil untuk menghilangkan keluhan fisik atau emosional tertentu. Aku memberi makan setiap jengkal dari dirimu. Aku mencoba menuntunmu dengan segala jenis sensasi. Kau mencoba meratakanku dengan latihan sit up, korset, dan sabuk ketat. Kau mengucapkan kata-kata kasar: “Kembung ini parah, sakit perut ini menyebalkan. Pergilah jauh-jauh!”

Dengar, aku tidaklah buruk. Aku hanya mencoba menarik perhatianmu. Sinyal-sinyal nyeri yang kukirimkan merupakan hal baik dan membantu kehidupanmu. Aku bekerja keras untuk mengatur kesejahteraanmu. Rasa nyeri dan tidak nyaman adalah peringatan, membangunkanmu sehingga kau dapat berhenti dan merenung sejenak, “Apa yang sebenarnya sedang terjadi?” Aku ingin didengar! Aku mungkin memerlukan perubahan diet. Aku mungkin sedang memintamu untuk berhenti dan membaui mawar… atau aster… atau rerumputan. Aku sedang mengatakan bahwa sudah saatnya kau mulai mengekspresikan perasaan yang menggerogoti kita. Aku juga mengundangmu untuk mengatasi dan menyembuhkan luka-lukamu, yang kau pendam dengan susah-payah, yang masih mengganggu kehidupanmu.water_ok

Beberapa perubahan bersifat sederhana; yang lainnya memerlukan tambahan semangat, doa, waktu dan cinta.

Aku sahabatmu, yang rindu untuk bertemu….

Perutmu

 

by: Rodney Dangerfield

Leave a Reply

