SubhanaLLAH, Luasnya Nikmat ALLAH SWT

Assalaamu’alaykum wa rahmatuLLAHI wa barakatuh,
Tidak semua yang kita jumpai dalam kehidupan ini ada penjelasannya secara syari’, sebagaimana sabda RasuluLLAH SAW:

“Sesungguhnya ALLAH telah menetapkan kewajiban-kewajiban maka janganlah kalian menyia-nyiakannya, ALLAH telah mengharamkan beberapa perkaran, maka janganlah kalian melakukannya, ALLAH telah menentukan beberapa batasan, maka janganlah melanggarnya, dan ALLAH telah mendiamkan banyak hal sebagai rahmat bagi kalian, bukan karena lupa, maka janganlah kalian merasa berat dengannya, (melainkan ia adalah) rahmat untuk kalian maka terimalah.” (HR. Thabrani)

Hal tsb bersesuaian dengan firman ALLAH SWT pada surah Luqman ayat 20:

“Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah memudahkan untuk kamu apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya yang tampak maupun yang tidak tampak. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan.”

SubhanaLLAH…. Sungguh banyak rahmat ALLAH SWT, mari kita nikmati dan syukuri….

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata: “Sesungguhnya sikap manusia, baik yang berbentuk omongan ataupun perbuatan ada dua macam: ibadah untuk kemaslahatan agamanya, dan kedua ada (kebiasaan) yang sangat mereka butuhkan demi kemaslahatan dunia mereka.”

Maka, apa yang ALLAH SWT karuniakan kepada kita, berupa kesenangan, meskipun terkesan aneh bagi sebagian orang, maka boleh jadi ia adalah rahmat dariNYA, karena sesuatu yang didiamkanNYA berarti dimaafkan dalam melakukannya.  Dengan pemahaman tsb, maka kita juga memahami bahwa sebenarnya arena haram dalam syariat Islam itu sangatlah sempit dan terbatas. Arena halal justru sungguh sangat luas.

Dan oleh karena itu menikmati rahmat ALLAH SWT tsb sama artinya dengan mensyukuri karunia ALLAH SWT, tentu saja dengan cara tidak berlebihan, karena berlebih-lebihan juga tidak diperbolehkan.

Firman ALLAH SWT pada surah Ibrahim ayat 7:
Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu mema’lumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

WaLLAHU’alam bish shawab….

Semoga ALLAH SWT memberikan rahmat, ridho dan berkahNYA pada setiap kegiatan kita…. Aaamiin.

Wassalaamu’alaykum wa rahmatuLLAHI wa barakatuh,
Ediyus Hz
Pujian Manusia,
Tak akan mempercepat satu langkahpun jalan menuju Syurga
Dan tak akan menahan satu langkahpun jalan menuju Neraka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: